Sekilas Info:

SELAMAT dan Sukses Pembangunan Renovasi Kawasan Wisata Hutan Umbul Songo Kopeng dan Mata Air Kopeng tahun 2018

Friday 5 April 2013

Makanan Khas Kopeng

JAGUNG GODOK, Jagung BAKAR dan NASI Jagung Kopeng.

Tidak ada makanan khas dikopeng yang sifatnya khusus. Bahkan makanan ini saat ini dapat anda temuai di lokasi wisata dataran tinggi pada umumya di jawa, akan tetapi sejarah tertua dari makanan ini terkenal dan berawal dari derak ini, khususnya jawa tengah.. 
Kopeng mempunyai satu makanan yang karena sering dijumpai maka di katakan khas, lebih tepatnya hanya makanan dari hasil pertanian yang memang tumbuh subur di kopeng, dimana makanan ini pada perinsipnya hanya berasal dari satu bahan yaitu tanaman JAGUNG, nah jagung muda inilah yang bisa dibuat snack dengan di rebus terkenal dengan Jagung Godok, yang di jajakan di jalan-jalan menuju pintu gerbang wisata atau pelataran parkir hotel kopeng.  Dan lebih muda diolah menjadi snack yang di bakar diberi nama Jagung Bakar Kopeng,  Bila usia jagung ini di panaen sangat tua orang kopeng membuat makanan pokok yang diberi nama Nasi Jagung, nasi jagung ini pernah menjadi makanan faforit hampir semua orang kopeng di era tahun 50 an hingga 90 an (termasuk penulis pun masih sempat makan makanan pokok ini).  Dan saat ini ada satu warung yang masih menjajakan menu kuliner ini yaitu di Rm waroeng gonoeng, dengan menu andalanya nasi goreng jagung, lokasinya berada di sebelah timur jln raya menuju salatiga, (semoga masih laris hingga posting ini dan warungya masih buka, sebab seiring sepinya kopeng banyak rm yang silih berganti keberadaanya).
Kondisi menu dari jagung ini banyak mengalami problematika bahan baku saat ini di kopeng, karena beralihnya lahan penduduk menjadi ternak dan perumahan, jadi untuk saat ini jagung di kopeng untuk yang benar-benar nikmat di makan muda dan manis tanpa tambahan pemanis gula, sudah agak sulit di temui, kecuali jika sedikit musim. 
Bersukurlah jika anda ke kopeng dan membeli jagung godok atau bakar dan masih mersakan yang muda dan manis alami.Akan tetapi jangan kawatir hingga saat ini jagung godok kopeng masih terus laku dan digemari para pengunjung, jadi selalu masih ada penjualnya meskipun sedikit harus teliti anda dalam membelinya. Dan makanan ini sekarang menjadi primadona di wisata baru yaitu Ketep Pass, jadi disana anda akan banyak bertemu dengan snack ini.

Selamat makan Jagung Rebus dan Bakar di kopeng, 
dimakan saat cuaca dingin dan hujan gerimis disela-sela anda berkeliling dengan orang yang anda cintai saat di wisata kopeng sungguh pengalaman yang takkan terlupakan.

Salam Bahagia selalu

Selamat Datang Kopeng Waterpark & Salam Kenal Kopeng Outbound

Selamat Datang Kopeng Waterpark & Salam Kenal Kopeng Outbound
Waterpark &Outbound Area