Perhatian:

Suhu Udara Kopeng dan Merbabu hingga saat ini Normal-normal saja, abu gunung Kerlud sudah bersih kena hujan 3 kali, jangan percaya isu berkepanjangan pasca gempa senin 17.2.2014

Wisata Kopeng Salatiga

Wisata Kopeng
Wisata di desa kopeng meliputi:
  1. Wisata yang dikelola Oleh Perum Perhutani adalah semua Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Dan Gunung Merbabu itu sendiri sebagai wisata pendakian. Areanya meliputi: Bumi perkemahan umbul songo, Air terjun umbul songo, kolam renang umbul songo,  dua wisma  Perhutani (Griya Wana Lestari) dan termasuk wisata baru Kopeng Treetop Edventure (arena berpetualang dengan tali temali, terbang meluncur dan panjat pohon dan terjun atau meniti jembatan tali dengan ketinggian yang bervariasi) yang ada  di kopeng semenjak 2 tahun yang lalu, adalah berada di area hutan Wisata Kopeng.
  2. Yang dikelola oleh Koperasi TNI AD yaitu Wisata dan Pemandian Hotel Kopeng sekarang bernama Hotel Kartika Wisata,  meliputi, Hotel induk Kartika wisata Kopeng aula serta Loby, kolam renang, Villa/wisma sekitar gedung loby, lapangan Tenis, pasar sayur dan cindera mata, serta taman bermain anak.
Sejarah Wisata: Perum Perhutani


Villa Umbul Songo Kopeng
Wisata hutan  yang di kelola oleh Perum perhutani ini, tak terlepas dari nama sebuah villa yang di bangun tahun 1960 an, yaitu villa umbul songo yang terdiri dari 2 villa sekarang bernama villa griya wana lestari, kesemuanya milik perhutani. Pada awalnya satu villa  dengan arsitektur kebelandaan (lihat gambar berikut ini), baru tahun 1970 menyusul villa dengan nama Wisma Perhutani.  Nah nama Umbul songo diambil dari apa ikuti tulisan berikut ini.
Wisma Perhutani, disinilah artis cilik era 80 an Chica dan keluarga menginap
Mata Air Umbul Songo

Sejarah Umbul Songo.
Nama ini diambil dari sejarah turun temurun yaitu dari Sumber mata Air penduduk setempat yang berada di petak D atas hulu objek bumi perkemahan yang di kenal oleh penduduk setempat dengan nama TUK Songo ( 9 sembilan mata air yang bermunculan), namun secara kenyataan sumber sebanyak 9 sebilan tersebut konon bisa dilihat hanya saat sumber itu ditemukan untuk pertama kalinya saat mata air tersebut dicari dan begitu ditemukan satu yang besar yang ke 8 bermunculan kecil-kecil saling bermunculan.
Nama ke sembilan sumber mata air Tuk SONGO  tersebut kemudian diabadikan menjadi nama sebuah Villa milik Perhutani yang bernama Umbul Songo (griya wana lestari), seperti yang terlihat di foto sebelah kiri atas..
Sebelum diresmikan menjadi kawasan Berkemah awalya area isekitar wisma ini hanya hutan-hutan bebas dengan sungai mengalir dengan air yang bening yang banyak dikunjungi oleh muda-mudi yang sedang di rudung cinta kemudian berekreasi di sekitar sungai dan hutan-hutan tadi, kemudian di tahun  1983 oleh perum perhutani di survai dan berpotensi sebagai kawasan atau Area BUMI PERKEMAHAN, maka diberi nama lah Bumi Perkemahan Umbul Songo Kopeng, yang dibagi menjadi 6 petak atau blog.

Sejarah turun temurun sebutan Songo (sembilan) ini juga sering dierat-eratkan dengan keberadaan penyebar agama islam di tanah jawa yang dikenal dengan Wali Songo, yang konon sering mengadakan pertemuan di gunung ataupun lereng-lereng kaki bukit merbabu ini. Sehingga nama beliau-beliau dibadikan dengan puncak Kenteng Songo di gunung merbabu.

Sebelum tahun 2000 BUMPER ini masih sangat rame dikunjungi oleh kelompok-kelompok pelajar, mahasiswa dan ormas-ormas untuk sekedar berkemah, jambore dan latihan-latihan kemiliteran di hutan, khususnya di hari-hari libur sekolah. Namun di 15 tahun belakangan ini sudah sangat dratis dan bahkan turun, hal ini tak luput dari bencana alam Longsor di petak A,B utara yang saat ini atasnya adalah parkiran masuk loket umbul songo. Berita-berita dan mitos yang dialami saat berkemah, dan lain-lain, kesemuanya menjadikan berita yang tak menguntungkan bagi Bumi perkemahan ini, disamping juga pengeloaan dan perawatan yang semakin terasa kurangnya. Sehingga di tahun 2010 ini kalau anda kesana semua petak-petak area perkemahan sudah ditumbuhi pohon dan perdu-perdu yang cukup lebat dan menambah suasana sejuk dan ketal sebagai hutan lindung bak tak terjamah oleh manusia.



Wisata di sini hanya merupakan visata hutan dan wisata paru-paru dengan udara sejuk dan bebas polusi, jadi anda hanya berjalan dan berjalan atau duduk-duduk di bawah pohon sambil makan bawaan anda atau pesan melalui pelayan pribumi yang siap melayani pesanan anda, ya tentunya dengan tips antar jemput pesanan dan kenaikan harga dari harga warung asalnya. 
Mereka memang sengaja menunggu anda di sepanjang jalan-jalan di hutan pinus dan perdu campuran pinggir sungai, karena itu adalah mata pencaharian mereka sehari-harinya. Tempat ini sebenarnya lebih cocok buat mereka yang masih muda-mudi (pacaran) dan kurang cocok untuk keluarga dengan kakek-kakek atau rombongan besar karena jika anda mencari objek khusus di sana jelas tidak ada karena sebatas mata memandang hanya hamparan dan lekuk-lekuk lereng bukit yang lebih cocok untuk lokasi perkemahan dan wisata kesehatan. Memang ada objek yang sering disebut Air terjun Umbul songo, memang ada, namun perlu anda ketahui air terjun tesebut.....adalah kategori air tadah hujan musiman. "Ingin tahu yang lain info kopeng tentang Air terjun umbul songo,...kunjungi halaman lain dari blok ini."
Wisata hutan Pinus Umbul Songo

Selain itu lokasi atas yang berbatasan dengan area bumper ini yaitu dusun Cunthel dan Thekelan sebagai jalan dan pos pendakian ke gunung merbabu juga merupakan kampung-kampung di area taman nasional gunung merbabu lereng sisi utara..yang merupakan sejarah dimulainya jalur-jalur pendakian yang di awali oleh penduduk setempat.

Keluhan dan saran Wisata Perhutani hub: 024-8319007  HP 085325117790 (semoga nomor-nomor ini masih bisa di konfirmasi untuk tahun 2013 )
 Kesehatan adalah sebuah harga mati untuk semua kehidupan manusia, oleh sebab itu rawatlah pohon disekitar anda dengan bijak.

Sejarah Hotel Pemandian Kopeng
Untuk sejarah hotel milik kebangsaan belanda yang di bangun tahun 1922 silam, bisa anda baca dan kunjungi informasi di situs Hotel kartika wisata kopeng yang di kelola oleh anak-anak kopeng jaman sekarang. Atau lihat posting di judul lain yang ada di blog ini. Silahkan cari di judul yang sudah di publist. Penelusuran Sejarah Hotel Kopeng

Adapun link URL-nya sbb:  http://www.hotelkopeng.com

Salam Manis selalu.

Permainan di Treetop kopeng

BerIklan di Blog ini

Jika anda Ingin berIklan di blog ini, silahkan kontak Via Email : Uttan_ku@yahoo.co.id
atau kirim SMS ke Nomor
HP O85326312089 kartu AS
Konten Iklan : info wisata, Kuliner, gedung pertemuan, hotel, taxi, armada angkutan trafel, percetakan, komputer, handpone, loundry, cinderamata, soufenir, tas, entertaitment, edventure.
Biaya per bulan: Rp 20.000
Syarat dan ketentuan berlaku

Terimakasih