Sekilas Info:

SELAMAT dan Sukses Pembangunan Renovasi Kawasan Wisata Hutan Umbul Songo Kopeng dan Mata Air Kopeng tahun 2018

Post Pendakian Kopeng

POST dari desa Kopeng ada dua Post
  1. Post Dusun Cunthel 2,8  km dari lokasi wisata kopeng, jalan sebagian sudah beraspal jadi naik kendaraan/ motor ke bascamp lebih enak. Post pendakian rekomendet untuk saat sekarang, jadi yang mau mendaki penulis sarankan untuk lewat post ini.Adapun nama Base Camp pos cuntel ini adalah MANGGALA ( Merbabu Manunggal Pencinta Alam). Kontak pengurus HP 081326575041, 085225790633, 085228269647.
  2. Post dusun Tekellan 1,7 km dari lokasi wisata kopeng jalan lewat hutan wisata, jika melingkar naik kendaraan 3 km jalan aspal  lebar 6 meter medan naik turun, jalan ini sebenarnya jalan bersama dengan jalan menuju tower telekomunikasi lama milik telkom. Kabar terahir bulan oktober 2010 post sedang di tutup karena hujan dan semak belukar meninggi jadi jalan setapak hilang. Perjalanan ke Post tekellan ini jika anda dengan kendaraan pribadi akan melewati arena kopeng treetop berada yaitu ke arah dusun Kaliduren lereng sisi utara bukit merbabu.
Post Dsn Cunthel

Selamat datang di pos cunthel

Post Desa tetangga beda kecamatan :
Yaitu di Dusun Wekas Pakis Magelang 6.3 km dari Kopeng jalan raya kopeng magelang, arah barat.

Rincian melalui jalur Kopeng Baik lewat Post Chuntel atau Thekelan
Melalui Pos Chuntel
Dari Basecamp ke – Pos I lewat Jalan  Tengah   ( 1858m dpl - 1,5 km – 1 jam)
Jalan baik melalui pos Thekelan atau pos Chuntel pada dasarnya sama kondisi awalnya dan lingkungan serta jauhnya, hanya saja pos thekelan ada disebelah timur dari pos chuntel jika di tarik garis lurus kira-kira 2 km, Jlan dri pos Thekelan nanti akan bertemu di pertigaan pos antara pos III dan IV. Jalur pendakian dari Pos Chuntel ada di sebelah timur basecamp, setelah melewati beberapa rumah penduduk, jalur langsung menggarah ke Selatan. Dari sini masih melalui ladang penduduk dan beberapa bak air penampungan. Pos I awalnya hanya merupakan sebuah belokan jalan dan bukan sebuah persinggahan.
Dari Pos I ke - Pos II disebut Watu Putut (2146 Mdpl - 1.5 km - 1 jam)
Jalur ini banyak melewati pohon cemara berdaun mirip jarum dan pohon dengan daun-daun kecil seperti putri malu berduri lembut, semak rumput gajah dan rumput perdu. Pos II ini juga merupakan tempat agak tinngi dan sedikit terbuka atau jalan agak lebar saja dengan lapangan sempit dan tidak ada gardu atau sejenisnya.
Dari Pos II ke - Pos III Gerumbul (2260 Mdpl - 1 km - 45 mnt)
Jalur ini mulai terbuka dan melewati banyak semak dan pohon perdu gunung. Jika malam terang dan berbintang ada bisa memandang ke atas tanpa terhalang oleh pohon-pohon, woow indah sepi nan menawan bak surga dengan desiran angin lembut. Pos III merupakan sebuah area yang lumayan luas atau lapangan kecil. Lumayan untuk istirahat.
Dari Pos III ke - Pos IV Lempong Malang ( 2528 mdpl - 1 km - 1 jam)
Jalur masih terbuka dengan banyak semak rumput sodo gunung dengan jalan lebih terjal. Antena dpemancar radio milik TNI AD adan RAPI di puncak I akan terlihat bila langit cerah. Pos IV merupakan lahan luas. Ke arah kiri bisa ditemukan saluran air yang hanya terisi pada saat musin hujan. Jalur dari Wekas juga bergabung di sini. Sementara ke arah kanan adalah jalur memotong ke Pos Watu Gunung yang biasa dilalui dari arah Desa Tekelan
Pos IV - Puncak I Puncak Muktar atau Antena ( 2883 mdpl - 1 km - 1.5 jam)
Jalur semakin dan lebih menqanjak menanjak dan tetap terbuka. Disini terdapat bangunan dengan antena dan bak air tadah hujan. Puncak I sendiri merupakan lapangan yang cukup luas tapi sangat terbuka dan jika ada angin maka akan cukup keras menerpa kita, harap hati-hati dan waspada sekitar kita banyak lereng curam.
Puncak I - Jalur Persimpangan (2928 mdpl - 1 km - 1 jam)
Dari puncak I ke puncak II syarif jalur akan sedikit menurun sebelum kemudian mendaki ke arah Gunung (bukit) Kukusan. Ada sedikit tanah lapang diatas Gunung Kukusan ini. Dari sini jalur berbelok ke kiri. Tak jauh dari situ turun ke arah kanan ada jalan turun menuju kawah ( samber nyowo ) sejauh 200 m menuju sungai kecil (Kali Sowo). Ada sedilit mata air rembesan disini . Air ini tidak terlalu asam dibandingkan bila kita mengambil langsung dari sungai. Jalur selanjutnya adalah tanjakan setan yang cukup terjal, sekali-kali diperlukan bantuan tangan untuk melewatinya untuk sampai ke persimpangan.
       Persimpangan - Puncak II Syarip/ Gn. Pregodalem (3119 mdpl - 200 m - 15 mnt)
Menanjak ke arah kiri dari persimpangan sejauh 200 m kita akan tiba di Puncak Syarif.
       Persimpangan - Puncak III Kentong Songo(3142 mdpl - 500 m - 45 mnt)
Ke arah kanan dari persimpangan, jalur akan sedikit menurun ke arah bukit kecil, Pundak Sapi. Anda bisa mendaki pundakan ini atau memutarinya ke arah kanan. Hati-hatilah karena jalurnya yang sempit dan berlereng terjal. Sebelum Puncak terakhir satu tanjakan lagi harus dilewati dan memerlukan bantuan tangan untuk melewatinya.
            Pendakian melalui jalur ini ke puncak Kenteng Songo memakan waktu 7-9 jam dan turunnya 5 jam.

Pendakian melalui jalur Wekas
Jalur Wekas hampir sama seperti jalur Kopeng. Jika anda dari Yogya atau Magelang lewat sisni lebih dekat. Jalur Wekas mulai diminati karena medan pendakian yang tidak terlalu berat, terkesan naik tapi landai, hanya saja selama melalui jalur ini tidak ditemukan mata air, baru ketika di Pos V tersedia sedikit itupun jika musim hujan.
Perkiraan Lama pendakian bila melalui jalur ini hanya 6-7 jam dan turunnya 5 jam