Sekilas Info:

SELAMAT dan Sukses Pembangunan Renovasi Kawasan Wisata Hutan Umbul Songo Kopeng dan Mata Air Kopeng tahun 2018

Monday 28 February 2011

Kopeng Wisata Berkuda

Kopeng wisata berkuda, 
Rute berkuda di kopeng, 
Tarip naik kuda di kopeng, 
Bahaya naik kuda di kopeng,

Banyak sekali pengunjung yang menanyakan berapa sih tarip berkuda di kopeng, jauhnya seberapa jauh, arahnya kemana, rute-nya jauh apa dekat, apakah mahal taripnya, kudanya apa tidak galak atau bahaya, ada kuda yang besar apa ndak (kuda luar) dan lain-lain.
Kali berdasar pertanyaan itu penulis akan beberkan semua semoga bermanfaat.

KOPENG WISATA NAIK KUDA

Di kopeng orang sering tidak melewatkan naik binatang yang satu ini, yaitu kuda, kuda di kopeng adalah kuda jinak artinya memang dilatih dan untuk mengenal manusia kususnya calon penumpang, jadi kalau dikatakan berbahaya ya hanya 20 % lah, tergantung kondisi hewan itu, dan kepandaian si penumpang. Kebanyakan yang naik kuda ini adalah wisatawan berkeluarga, sehingga bisa anak, bapak, ibu bahkan sang kakek ikut naik. Jangan takut tidak ahli tidak apa-apa, belum pernah naik tapi ingin  silahkan naik saja, karena naik kuda di kopeng akan selalu dikawal oleh sang pemiliknya (di tuntun, basa jawa), jadi yang punya akan selalu ikut jalan bersama dengan sang kuda dan penumpangnya, kecuali si penumpang sudah terbiasa dengan berkuda, bisa di sewa tanpa si pemilik. Kemudian kuda di kopeng rata-rata tingginya sedang sekitar 1,25 - 1,40 m, jadi bukan kuda keledai atau keturunan yang cebol, sehingga memang agak pas dan cantik jika dibuat berfoto. Lagi pula bisa dinaiki oleh anak sama ibu atau bapak alias 2 orang ( ya tentunya tidak di pacu dan berjalan normal, kemudian si anak sendiri di bawah 10 th). Dengan perinsip satu ekor kuda bisa 2 anak atau satu anak dengan ortu. Jadi bisa hemat. Biasakan pakai perinsip beruda ini kalau anda sekedar ingin mencicipi bagaimana rasanya naik kuda.

RUTE BERKUDA DI KOPENG
  1. Rute berkuda di kopeng ada dua kemungkinan, tergantung permintaan sang penumpang, bisa memutar ke atas artinya dari pangkalan kuda yang biasanya di lokasi taman hotel kopeng pintu keluar atas dari sana anda akan dibawa naik ke lokasi hutan wisata kopeng ( lama kurang lebih 15 menit), melewati loket hutan wisata umbul songo kopeng, terus melewati wisma griya wana lestari/wisma perhutani dan berhenti di terminal sebelah atas bumi perkemahan umbul songo/hutan wisata. Melewati rute ini anda teryata harus merogoh kocek lagi karena anda akan di tarik tiket saat akan melewati loket hutan wisata umbul songo Rp 6.000,- karena ini merupakan jalur menuju ke lokasi wisata hutan ( BUMPER atau hutan wisata umbul songo). Sampai disini ada dua kemungkinan anda memutuskan satu kali perjalanan atau Pulang pergi (artinya balik lagi ke pangkalan dimana anda naik awalnya). Jika satu perjalanan saja maka anda akan turun di terminal atas itu, dengan asumsi mungkin anda akan melihat-lihat hutan wisata terlebih dahulu dan gunakan tiket yang bayar 6000 tadi untuk masuk, dan anda akan di tawari di tunggu atau tidak sesampainya di sini, jika ingin di tunggu maka ongkosnya beda dari perjanjian awal.
  2. Rute yang sama juga anda akan di bawa ke atas, tapi tidak melewati loket hutan wisata umbul songo, tetapi memutar ke barat melewati lapangan bola dan balai desa kopeng, lalu sekitar makan dan kemudian rumah-rumah penduduk dengan tamanan hias di depan rumah, lalu ke timur dan sampai di per tigaan ke 2 timur desa dan hutan wisata umbul songo, nah anda ingin berhenti atau langsung turun pulang atau berhenti dulu di sana, kalu berhenti disana anda bayar tiket jika ingin ke hutan wisata, dan jika terus naik dan langsung turun untuk balik ke pangkalan, maka anda tidak bayar tiket di hutan wisata tersebut (rute ini akan hemat jika anda hanya ingin sekedar naik kuda dan tidak ingin ke taman hutan wisata yang di kelola perhutani tersebut), karena anda sekeluarga akan diantar berputar PP, lama waktu kurang lebih 20 - 25  menit.
  3. Rute ke tiga adalah rute memutar ke bawah, pertama-tama anda di bawa ke arah atas kemudian ke timur dan sampai di per tigaan loket hutan wisata umbul songo, lalu anda akan ambil kiri dan terus menurun lewat jalan aspal, menuju ke pertigaan pertama lebih dekat ke pangkalan, waktu hanya 12-15 menit atau ke 2 yang lebih jauh melewati pertigaan jalan raya kopeng salatiga terus ke pintu gerbang hotel karika wisata dan terus naik ke pangkalan, waktu lebih lama bisa sampai 35 menit.Dalam perjalanan rute ini anda tidak membayar lagi tiket. Jadi lebih hemat
  4. Rute sewa satu jam, ini merupakan rute tidak tentu artinya anda akan dibawa kemana saja yang penting anda menghabiskan waktu satu jam. Bisa ke atas atau ke bawah dan bahkan memutar dua dusun di kopeng. Panjang rute kurang lebih 5 km 1 jam.
TARIP NAIK KUDA DI KOPENG

Tari naik kuda di kopeng ini bergantung rute dan lama tempuh dan setiap kondisi tertentu bisa berubah turun dan naik, di hari libur minggu atau nasional misalnya dengan durasi 10 -15 menit bisa 20 ribu durasi 15-20 menit bisa 25 ribu, durasi 30 menit 40 ribu, di atas 30 menit sampai satu jam bisa sampai 85 ribu.
Untuk hari-hari khusus seperti hari raya idul fitri, natal dan tahun baru bisa naik hingga 15 %. Dan untuk hari biasa atau harian bisa turun 20 %. Jadi lebih murah. Oya satu lagi tarip hanya numpang naik dan berfoto saja, sekali naik 2000 sampai 3000, bisa nego

TIPS  NAIK KUDA DI KOPENG
  1. BIASAKAN NEGO HARGA min kurang 10% dari tawaran pertama dan Naik berdua dengan Anak agar anda lebih hemat.
  2. Tanyakan ini rute kemana dan kira-kira berapa lama waktunya dan bayar tiket lagi atau tidak.
  3. Kudanya jinak dan berbahaya atau tidak, sebagai acuan kuda yang jinak adalah yang mukanya tidak bertopeng atau di kasih penutup, kudanya tidak sering meringkik atau berbunyi, pilih kuda betina lebih jinak ketimbang yang jantan.
  4. Tanyakan kudanya jika ada mobil atau motor dan suara klakson suka kaget atau tidak.Ini penting karena anda akan melewati banyak kendaraan dan orang.
  5. Jangan pilih kuda yang beringas kalau anda tidak berpengalaman naik kuda, dan jangan sok pintar atau sok berani, karena anda akan dibuat bahaya oleh hewan itu.
  6. Pilih kuda yang anda suka, dan bulu berwarna  bagus, belang atau yang hitam legam, putih dll, semoga hasil foto anda bagus.
BAHAYA NAIK KUDA
  • Rute jalan kuda di kopeng adalah naik dan sedikit turun dengan kemiringan kurang dari 30 derajat, melewati jalan umum dan banyak kendaraan atau orang. jadi anda harus membiasakan dengan rasa malu dan memang tidak perlu malu jika dilihat orang atau penduduk, tak harus malu sebab penduduk kopeng atau yang lain melihat orang naik kuda adalah hal yang biasa. Justru anda harus santai karena jika yang naik cantik inilah kesempatan anda menjadi sang putri atau pangeran tertampan di dunia. Karena tidak mustahil ada saja kamera entah dari mana yang memfoto anda dan masuk di blog dan terkenal di jagat raya.
  • Jika anda belum pernah naik kuda sama sekali, dan ingin naik, usahakan anda berani dulu dan jangan ragu-ragu.Tenang dan ikuti petunjuk sang pemilik. Bahaya-nya jika anda takut dan terlalu mencengkeram perut kuda melalui kaki anda, kuda akan merasa tertekan, dan kuda sulit untuk jalan
  • Kemudian jika sudah naik dan berjalan biasakan tubuh anda melemas mengikuti irama jalanya kuda, sebab jika tubuh anda tegang dan kaku karena takut dan risih, maka anda akan tidak nyaman naik kuda, dan dapat dipastikan tubuh anda sesudahnya akan merasa sakit semua.Ini adalah bahaya efek samping naik kuda bagi yang belum tahu teorinya.
  • Nikmati saja alunan punggung kuda yang berlengang-lenggok bak putri berjalan, dengan tubuh sedikit agak merendah tapi jangan terlalu membungkuk, kecuali jalanya cepat.
  • Jika jalanan turun usahakan kaki menahan di pijakan kuda yang disediakan agak kuat dan badan agak tegak tapi tetap lemas agar anda tidak KRAM Perut.
  • Silahkan perpegangan LAPAK atau tempat duduk kuda jika anda sedikit takut tapi jangan mencengkeram. Idealnya anda akan memegangi tali kendali kuda.
  • Jangan sok tahu dan sok pintar karena ada saja kuda yang suka rewel dan anda bisa dibuat jatuh. Kenali kuda calon kuda anda usahakan menatap mata kuda atau memegang jidat kuda mengusap-usap sedikit saat anda anda ingin naik (iseng-iseng mengenallkan diri dengan sang kuda, teknik ini akan membuat kuda tenang bisanya dan lebih ramah. Jika tidak berani ya tidak perlu sebab kudanya bisanya sudah terbiasa dengan di tumpangi.
  • Bahaya naik kuda di kopeng bisanya hanya karena kuda ngambek dan sulit diajak kompromi, ini karena lapar dan atau melihat sang betina (sedang mabuk cinta), resiko naik kuda beginian adalah anda di buat tidak nyaman dan ketakutan, kecuali anda sudah menjadi sang joki.
  • Bahaya lain adalah jika anda sewa kuda tanpa diikuti sang pemilik, bisa-bisa karena yang membawa bukan sang majikan asli dia ngambek dan sulit diajak jalan serta ketakutan sama kendaraan bermmotor atau kaget karena klakson mobil.Dan anda tidak tahu cara mengendalikannya.
Ok selamat Naik kuda, dan berdoa dimanapun anda berada
Salam Manis sellu


Selamat Datang Kopeng Waterpark & Salam Kenal Kopeng Outbound

Selamat Datang Kopeng Waterpark & Salam Kenal Kopeng Outbound
Waterpark &Outbound Area