Sekilas Info:

SELAMAT dan Sukses Pembangunan Renovasi Kawasan Wisata Hutan Umbul Songo Kopeng dan Mata Air Kopeng tahun 2018

Monday 20 September 2010

Desa Kopeng

Sekilas Lokasi Secara Umum

Posisi Peta dan Km-nya

Terletak di lereng gunung Merbabu sebelah utara, termasuk di area kawasan global taman nasional gunung Merbabu, ketinggian dari permukaan laut 1.500 meter (tinggi ini diukur berdasar posisi Bangunan Hotel Kartika Wisata/ hotel pemandian kopeng berada), dari arah timur berjarak 12 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang. Jika dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 27 km. Tepatnya di kecamatan Getasan kabupaten Semarang JATENG. Dari semua kota terdekat perjalanan adalah naik, dengan ketinggian berfariasi.

Wisata Tetangga
Wisata terdekat lain dari kopeng adalah Taman Kyai Langgeng Magelang 27 Km dari Kopeng arah barat, jalan menurun.
Jika anda sudah berada di Borobudur Mungkit Magelang Jateng, maka jarak dari sana ke kopeng hanya tinggal 47 km, tujuan arah timur utara ke magelang kota, lalu ambil ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara pertigaan lampu merah ambil kanan dan melewati jembatan, sungai elo,  jalan terus kurang lebih 45 menit mobil pribadi sampailah anda di kopeng.

Jalan kategori kelas propinsi antar daerah, kondisi medan naik turun, berkelok-kelok, jarak pandang terbatas jika diselimuti kabut, baik dari arah kota salatiga jika dari timur maupun Magelang jika dari arah barat. Kondisi permukaan jalan raya yang tertinggi ada di lintasan depan gerbang masuk lokasi wisata hotel pemandian kopeng 1478 dpl.

Suhu udara kategori dingin menusuk tulang dengan suhu di siang hari panas antara 19 - 23 derajat celcius, dan di pagi hari bisa mencapai 18 derajat celcius. Kelompok dataran kaki bukit gunung dengan curah hujan cukup tinggi.

Wisata, terdapat 2 kelompok wisata yaitu Taman Rekreasi yang dikelola oleh PEMDA (PUSKOPAD TNI AD) dan Hutan Wisata/bumi perkemahan oleh Perum Perhutani Unit I JATENG.

1. Taman rekreasi dikenal dengan lokasi hotel pemandian kopeng dengan nama hotel kartika wisata yang berupa taman santai bawah pohon, kolam renang, loby pertemuan dan rapat, villa peristirahatan, lapangan tenis, pasar sayur dan souvenir.
  2. Hutan Wisata/bumi perkemahan yang sering dikenal dengan sebutan Umbul Songo, adalah merupakan Cagar alam hutan lindung yang berupa rekreasi alam bawah pohon pinus, mata air dan sungai, tempat kemah, kolam renang umbul songo, jalan menuju rute bascamd pendakian gunung merbabu dan lokasi tantangan dan uji keberanian di lokasi kopeng Treetop edventure di sebelah timur komplek bumper hutan wisata pinus kopeng yang ada 2 tahun yang lalu.
  3. Kopeng Treetop Adventure Park  adalah taman bermain dan sekaligus tantangan, bawah pohon pinus  yang sudah puluhan tahun umurnya dan berdiri kokoh, taman ini di disain khususnya yang berbasis tali -temali auto play dan ketinggian, baik untuk anak-anak dan orang dewasa.