Perhatian:

Suhu Udara Kopeng dan Merbabu hingga saat ini Normal-normal saja, abu gunung Kerlud sudah bersih kena hujan 3 kali, jangan percaya isu berkepanjangan pasca gempa senin 17.2.2014

Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Wisata air terjun umbul songo kopeng
Lokasi air terjun ini bearada di hulu sungai atas bumi perkemahan, kalau dulu sering disebut di blok E, dan anda bisa kesana harus melewati loket seperti di foto ini, bayar Rp 6.000,- per orang (semoga belum naik). Anak kecil bisa nego sama penjaga agar anda hemat kantong.

Loket Masuk Hutan Wisata / Bumi Perkemahan Umbul Songo Kopeng
Dan silahkan jalan kaki masuk samping kiri loket ikuti jalan blok turun sambil lihat kanan kiri tanaman pohon dan semuanya sambil menghirup udara alam. Tak lama anda jalan maka anda akan bertemu dengan  pertigaan papan petunjuk pertama, di mana biasanya di sana sudah banyak menunggu calon pelayan hutan yang siap melayani anda misalnya anda ingin tikar untuk alas duduk atau pesan makanan yang nantinya makanannya akan diambilkan oleh si pelayan yang anda minta tadi ke warung terdekat di hutan wisata tersebut, yah tentunya sedikit lebih mahal karena ada ongkos kirim atau antar ke-mana anda duduk dan bersantai di hutan. 

Sillahkan jalan terus ambil kanan dan jalan ke selatan lalu menyeberang sungai lewat jembatan kayu, lihat foto anak kecil ini, Oya silahkan hati-hati lewat di jembatan kayu ini pastikan jembatan bisa dilewati, maklum usia jembatan ini sudah cukup tua dan belum di perbaiki dengan baik, Oke sillahkan dan terus naik, ikuti saja jalan ke atas yang ada dan anda akan menemui area kolam renang yang ada di komplek hutan wisata, sampai di sini anda berarti sudah hampir tiba.
Jika anda ingin berenang di kolom ini, pastikan anda siap dan kuat menahan hawa dingin airnya. Karena jika tak kuat bisa berakibat kram atau kejang otot mendadak. Pastikan juga suasana dan hari cerah serta terik matahari jika anda berminat untuk berenang, agar tidak terlalu dingin.

Oke perjalanan anda masih cukup fisik jarak dari area kolam renang hingga ke air terjun masih lumayan kira-kira 100 meter lagi jalan naik dan sedikit turun dan agak licin harap hati-hati, gandeng anak kecil jika bawa anak kecil agar tidak terpeleset.



Air terjun Musiman di Lokasi Hutan wisata  Umbul Songo


Tips Perlu anda ketahui air terjun di  wana wisata umbul songo ini adalah kategori musiman dan merupakan air kiriman bukan mata air, jadi ada airnya saat di musim peng-hujan saja, dan jika musim kemarau panjang air terjun ini tidak ada airnya alias ikut kering. Jadi pikirkan untuk melihat air terjun ini di musim kemarau...jangan sampai kecewa jika yang anda temui hanya di dinding batu tanpa air.

Tips berikutnya Jika anda tidak berminat dengan tawaran tikar sebagai alas duduk dan bersantai yang di tawarkan oleh para pelayan di lokasi hutan wisata ini maka penulis sarankan untuk secepatnya menolak karena jika anda tidak menolak dengan tegas dan terkesan mikir-mikir maka anda akan tetap terus diikuti sambil terus ditawarrin tikar atau makanan, meskipun ada sambil jalan. Segera iya kalau mau dan tidak jika tidak ingin agar tidak diikuti, hal ini perlu juga berbagi kasihan yaitu agar si pelayan tidak capai menunggu keputusan anda sementara mereka sudah ikut berjalan jauh dengan anda menyusuri jalanan-jalanan di hutan dan akhirnya anda menolak.
Tips lagi  jika anda berminat dengan tawaran makanan dan minuman yang di tawarkan oleh si pelayan di hutan ini, pastikan harganya anda setujui benar, dan perkirakan berapa lama akan diantar ke tempat anda, semakin jauh anda di dalam hutan maka biasanya tips ongkos kirimnya akan lebih mahal..maklum jalan naik turun ke warung juga semakin jauh yang mereka tempuh. Kasihan juga sebenarnya tenaga mereka..tapi apa boleh buat itulah mata pencaharian mereka sehari-harinya,...ambil makanan di luar hutan degan jarak lumayan jauh dengan harga tarif makanan di warung aslinya selisih-nya hanya sekitar Rp 1000-1500 per menu yang di pesan + ongkos kirim. Tapi perlu anda ingat terkadang ada oknum yang nakal di sini dengan tarif makan atau minuman melammpoi batas alias anda di kepruk. Misal semangkok bakso yang rata-rata berkisar antara 4500-6500 di warung aslinya bisa dihargai 15.000 belum ongkos kirim...jadi hati-hati dan pastikan betul harga yang anda setujui sebelum memesan.

Oya  Satu lagi jangan kawatir soal menu yang di tawarkan semua ada dan lengkap, sate, nasi goreng, ayam bakar, soto, gadho-gadho, dll, semua cukup enak dan tidak kalah dengan masakan di lestoran ibu kota loh.

Sampai di sini silakan anda menikmati pemandangan yang ada, jika anda sudah puas dan anda ingin pulang bisa balik kanan lewat jalan tadi atau ambil alternatif lain yaitu mengikuti jalan yang ada  berikutnya dan anda jalan terus naik melewati sisi bawah air terjun lalu terus ke atas arah barat /kanan, yang pada akhirnya anda akan tiba di lokasi parkir hutan wisata bagian atas.

Parkir atas dekat air terjun
Dan dari lokasi parkir atas ini anda sebaliknya juga bisa ke air terjun dan lebih dekat, tergantung anda parkir mobil atau motor di mana di bawah yaitu di loket masuk ( lihat foto loket) atau anda dari loket masuk bawah tadi bawa mobil terus ke atas dan parkir di atas. Atau jika anda sudah terlanjur memakir mobil di bawah dekat loket suruh saja sopir menjemput anda di lokasi parkir atas.Ini bisa menghemat tenaga anda untuk pulang pergi dengan dibanding anda kembali balik kanan me-nyusuri jalan yang tadi anda lewati.
CATATAN  Hutan wisata adalah wisata Alam dengan hawa sejuk bebas  polusi dan bukan wisata situs atau objek purbakala, jadi di sana tidak akan anda jumpai objek khusus, kecuali sebuah rumah beton  terletak di lereng selatan atas kolom renang dengan pohon beringin yang berdiri kokoh yang sudah berumur ratusan tahun, dan itu adalah merupakan rumah sekaligus tanda lokasi sumber mata air untuk desa kopeng khususnya bagian bawah, dan air ini juga di salurkan ke bawah ke lokasi ke 2 yaitu kolam renang pemandian hotel kopeng. Termasuk daerah di kecamatan getasan.

Meskipun konon kopeng adalah tempat kediaman seorang pembesar belanda yang  jaman dulu pernah membangun benteng di kopeng (sekarang lokasinya di tempati balai desa dan lapangan bola  desa kopeng) dan hotel Pemandian kopeng, dimana saat ini hotel Pemandian kopeng tersebut masih berdiri kokok dan apik, bangunan asli jaman belanda, baik bangunan Loby hotel yang terdiri dari 2 lantai, dengan lantai bangunan atas masih menggunakan konstruksi kayu jati asli dan kuat, begitu juga dengan villa sekitar hotel, kolam renang, lapangan olah raga dan taman, masih asli bikinan kurang lebih tahun 1942  yang lalu dan berasitektur belenda.

Cuman agak disayangkan semua bangunan yang masih bisa di sewa ini pada perinsipnya perawatanya hanya setengah-setengah sehingga banyak yang kurang diperhatikan, entah tidak ada biaya atau memang pemasukan tidak disalurkan untuk pembagunan dan renovasi yang semestinya.
TIPS
Karena di kopeng ada 2 pengelolaan taman wisata yaitu Wisata Sejarah taman dan Loby Hotel  jaman belanda yang terkenal dengan nama Hotel pemandian Kopeng, yang dikelola oleh PEMDA melalui yayasan PUSKOPAT /TNI AD, dan Lokasi wisata Bumi Perkemahan Umbul Songo yang di kelola oleh Perum Perhutani Unit I JATENG, yang sekarang diikutkan di unit wilayah kedu utara magelang.
Loket Hotel Pemandian Kopeng

Maka penulis sarankan anda memilih mana lokasi yang ingin anda kunjungi terlebih dahulu, karena semua mempunyai biaya loket masuk wisata, yang berkisar 5.000 - 10.000 per kepala baik di lokasi pemandian hotel kopeng atau di hutan wisata/ bumi perkemahan.
Anda bisa mengunjungi dua-duanya namun yang pasti anda harus bayar dua kali, letaknya bumi perkemahan umbul songo ada di sebelah timur dari lokasi hotel pemandian kopeng agak ke atas, foto gambar loketnya  bisa anda lihat di atas sendiri halaman ini dan jika anda di posisi lokasi pemandian maka jika ingin ke hutan wisata, anda bisa jalan kaki tau naik kuda ke arah timur dan agak naik keatas. Jika parkir mobil anda ada di lokasi pemandian anda juga dapat membawanya ke lokasi parkir bumi perkemahan baik di dekat loket masuk bawah atau langsung ke atas dan parkir di atas hutan wisata... cuman ya itu tadi anda harus bayar 2 loket masuk. 
Anda dapat membaca keterangan 2 objek wisata yang ada di kopeng tersebut di halamn lain blog ini. Si-lahkan bandingkan dari keduanya lebih dulu dan baca semua tip-tip nya agar anda tidak kecewa dalam berwisata nantinya.

Salam bahagia untuk semua.

Permainan di Treetop kopeng

BerIklan di Blog ini

Jika anda Ingin berIklan di blog ini, silahkan kontak Via Email : Uttan_ku@yahoo.co.id
atau kirim SMS ke Nomor
HP O85326312089 kartu AS
Konten Iklan : info wisata, Kuliner, gedung pertemuan, hotel, taxi, armada angkutan trafel, percetakan, komputer, handpone, loundry, cinderamata, soufenir, tas, entertaitment, edventure.
Biaya per bulan: Rp 20.000
Syarat dan ketentuan berlaku

Terimakasih